Hanya karena anda ber-internet sehat, belum tentu anda hebat! Sungguh!

28 Nov 2010

festivalblogSungguh! Dengan penuh respect terhadap pencetus tema internet sehat bikin hebat” saya berani tuliskan “hanya karena anda ber-internet sehat, belum tentu anda menjadi hebat”. Tidak cukup hanya ber-internet sehat saja untuk anda menjadi hebat. Iya…mungkin hebat, tapi bukan untuk arti “hebat” yang saya pikirkan. Selain ber-internet sehat, anda perlu berpikir dan melakukan “lebih”.

Kenapa begitu?

Coba perhatikan, berapa banyak orang yang menggunakan internetnya “hanya” untuk kegiatan berikut ini :

  • Facebook

    Nyalakan komputer, kemudian ketik www.facebook.com, kemudian update status. Baca status temen, kemudian comment. Liat foto-foto temen atau sibuk upload foto terbaru diri nya sendiri.

  • Twitter

    Setelah puas singgah di facebook, kemudian pindah ke situs yang tak kalah ramai ini. Mulai berkicau mengikuti “burung-burung” lain.

  • Main game

    Bosan, kemudian mulai main game di Facebook, seperti farmville, aquarium, pet society.

  • Baca berita

    Biar tidak ketinggalan informasi, kemudian baca www.detik.com untuk update berita tentang idola nya lee min ho, cristiano ronaldo, atau agnes monica, dan lain-lain.




Apakah saya tidak ber-internet sehat kalau beraktivitas seperti itu?

Mungkin akan menuai kontraversi ketika saya jawab “sehat”. Oke…, bagaimana kalau aktivitas diatas dilakukan oleh orang yang menggunakan management waktu yang sangat baik dan aktivitas internetnya tidak digunakan untuk kegiatan yang “macam-macam”?.

Menurut saya “sehat” dan saya menghargai anda yang menjawab tidak sehat. Mungkin anda punya alasan tersendiri. Kemudian bagi yang setuju dengan saya, bahwa itu masih dalam “kategori sehat”. Saya mau lanjutkan ke pertanyaan berikutnya; Apakah dengan ber-internet sehat seperti itu anda pasti menjadi hebat? TIDAK PASTI !



Internet sehat bikin hebat

Sebelum masuk ke topik yang “benar-benar hebat”, Saya ingin menganalisa tema “internet sehat bikin hebat” terlebih dulu. Mungkin saya terlalu tinggi dan terlalu sempit dalam mendefinisikan kata “hebat” disini. Bisa saja maksudnya apabila anda ber-internet dengan sehat maka efeknya adalah anda memiliki banyak waktu, anda membaca konten-konten yang positif seperti www.andriewongso.com dan kemudian efeknya adalah anda menjadi hebat secara pola pikir dan tindakan sehari-hari :) . Kemudian bisa saja maksudnya dalam tema “internet sehat bikin hebat” ini adalah ketika anda sudah menerapkan internet sehat maka anda sudah lebih baik (hebat) daripada yang menggunakan internet secara “tidak sehat”. Setuju? :)


Selain ber-internet sehat bikin anda hebat, maka diperlukan tindakan berikut untuk menjadi lebih hebat lagi :

1. Berhentilah hanya menjadi penonton apabila anda ingin hebat.

Kita bicara hebat bukan ? tidak ada yang akan menjadi hebat hanya dengan menjadi penonton. Dimanapun itu, baik di dunia internet, di dunia kerja, maupun di dunia film. Jadilah pelaku.

andrie-wongsoTidak perlu hebat untuk memulai usaha! Tapi kita harus berani mulai untuk menjadi hebat! Langkah pertama kadang sulit, tapi pasti memudahkan langkah berikutnya. (Andrie Wongso)

Apapun yang anda putuskan untuk menjadi hebat di dunia internet, atapun di dunia kerja anda, Mulai ! Mau nge blog tapi merasa tidak bisa ? Mulai ! Anda bisa dengan mulai daftar di www.blogdetik.com. Ikuti kompetisi-kompetisi yang sering diadakan oleh detik untuk mengasah kemampuan anda. Ketika anda menang? anda hebat! anda tidak menang? anda juga hebat! karena setidaknya anda sudah berusaha untuk menang dan menyelesaikan pertandingan sampai akhir dengan baik. Mau mencoba jualan secara online, tapi ragu-ragu? Mulai !

2.Lakukan lah lebih dari biasa untuk menjadi hebat luar biasa.

cr7Pernah anda lihat orang yang kerja nya lebih keras daripada orang-orang lainnya? Pernahkah kita bergumam dalam hati “Gila,,,orang itu kerja ga ada istirahatnya” ? Sebenarnya orang itu tidak gila. Tapi kita lah yang gila. Kita gila apabila kita kerja biasa-biasa saja tetapi mengharapkan sesuatu yang luar biasa. Sama seperti hal nya ketika anda memutuskan untuk hebat di internet. Anda sudah memiliki blog, ataupun suatu ide untuk dijalankan di internet, tetapi anda melakukannya dengan biasa-biasa saja kemudian mengharapkan hasil yang hebat luar biasa, itu baru gila !. Lakukan lebih dari biasa.

By the way kenapa foto Cristiano Ronaldo? Karena dia lah contoh orang hebat yang melakukan lebih dari biasa. Dia adalah orang yang sering datang latihan paling awal dan pulang paling terakhir di club nya Real Madrid. Anda bisa baca artikelnya disini. Sampai Real Madrid dilatih oleh Jose Mourinho pun dia masih tetap datang paling awal dan pulang paling akhir. Anda bisa cari di internet.

3. Bila hebat tidak kunjung datang, coba lakukan terus (gagal, bangkit lagi) !

lilinYang ini kenapa gambarnya lilin ? Karena jika Thomas Alfa Edison berhenti mencoba ketika dia mengalami kegagalan hingga ratusan kali, maka kita mungkin perlu stock lilin di rumah :D .
“I have not failed. I have just found ten thousand ways that wont work.” (Thomas Alfa Edison).


Jadikan diri kita hebat mulai dari hal kecil sekalipun, dimulai lah dengan ber-internet sehat. Hindari menggunakan internet untuk sesuatu yang merugikan diri sendiri atau orang lain. Jangan lupa untuk management waktu dengan baik. Tetapi apabila anda ingin menjadi “lebih hebat”, lakukan lah sesuatu! Jangan jadi penonton. Selamat ber-internet sehat semua nya :) .


TAGS internet sehat internet sehat dan aman internet sehat aman internet sehat bikin hebat Festival BLOG 2010


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post